Pengaturan
Pembelian
Pengaturan
Pembeli
Dalam
istilah yang paling sederhana, EBS (Oracle
E-Business Suite) memungkinkan pengguna untuk membuat pesanan pembelian, menyetujuinya,
mencetaknya, dan mencocokkannya dengan faktur untuk pembayaran.
Lokasi untuk
Pengiriman EBS
Lokasi
yang digunakan untuk beberapa tujuan di EBS, termasuk lokasi bisnis yang
terkait dengan Badan Hukum, lokasi fisik yang berhubungan dengan karyawan, dan
lokasi pembelian yang mewakili dimana produk akan dikirimkan.
Klasifikasi
Organisasi
EBS
dilengkapi dengan sejumlah klasifikasi organisasi. Fungsi dari organisasi yang
digunakan adalah untuk menentukan segala sesuatu yang perlu diatur. Tujuan
utama dari Organisasi Satuan Operasi adalah untuk mengasosiasikan pembelian
sebuah organisasi.
Parameter Persediaan
Parameter
persediaan mencatat sebuah kode organisasi yang mana adalah sebuah kode yang
jelas mencapai 3 karakter panjangnya, untuk organsisasi ini yang akan muncul
dalam formulir, dan memilih kalender yang akan berguna dalam transaksi. Hal ini
tidak sama dengan kalender laporan melainkan kalender hari kerja mengatur
penggunaan produksi untuk menentukan hari apa saja dalam minggu tersebut yang
dipertimbangkan sebagai hari. Bidang yang dibutuhkan penanggalan sederhana
senin-jum’at dapat diatur dengan memberikan kalender hari kerja sebuah nama,
dan menyimpannya.
Menjelaskan Format
Nomor Barang Dalam EBS
EBS
mengijinkan pesanan pembelian dan daftar permintaan barang dibuat menggunakan kategori
atau barang. Keuntungan dalam menggunakan sebuah kategori atau sebuah barang
adalah bahwa melaporkan atau analisa pada tipe pembelian dapat menjadi lebih
mudah terselesaikan jika ada klasifikasi umum, dan juga dapat digunakan untuk
kegagalan nomer akun atas permintaan barang atau pesanan pembelian. Barang memerlukan
lebih banyak pekerjaan untuk mengatur dan menggunakan, seperti setiap barang
baru akan butuh diciptakan dan seluruh barang dirawat, tetapi barang-barang
tersebut dibutuhkan jika pesanan diterima dalam persediaan EBS. Jika persediaan
dimanfaatkan, barang diatur sebagai bagian modul tersebut.
Membuat
kategori untuk pembelian
Seperti
disebutkan, kamu mempunyai dua cara untuk membuat daftar permintaan barang dan
pesanan pembelian dalam EBS. Dengan barang atau menggunakan sebuah kategori
deskripsi. Kategori-kategori mempunyai banyak tujuan dalam EBS, beberapa
diantaranya disebutkan disini. Kategori tersebut dapat ditugaskan pada
barang-barang untuk mengelompokan mereka dalam pelaporan atau pencarian aturan,
atau digunakan untuk menugaskan sebuah nomer akun dan memperoleh informasi
akuntansi. Kategori dapat ditugaskan menyetujui, membatasi dokumen yang dapat
disetujui seseorang. Juga pembeli dapat berhubungan dengan kategori spesifik,
menyetujui mereka untuk mengotomatisasi koreksi pesanan pembelian hanya untuk
kategori dimana mereka dihubungkan. Kategori digunakan dalam hubungan dengan
beberapa fitur lain di luar bidang pembelian, seperti klasifikasi pajak, fitur
istore dan iprocurement dan persediaan.
Menggunakan karyawan
dalam pembelian
Apakah Anda
menggunakan Oracle SDM, karyawan harus ditetapkan di EBS untuk siapa pun yang
akan menjadi pembeli, pemohon atau penerima untuk pesanan pembelian dan
permintaan di EBS, pembeli didefinisikan sebagai orang-orang yang membuat
pesanan pembelian, sedangkan pemohon adalah orang yang mengajukan
untuk
barang. Approvers memiliki wewenang untuk menyetujui permintaan baik atau
pesanan pembelian. Sumber daya manusia tidak perlu diimplementasikan
menggunakan bentuk karyawan untuk mengatur karyawan atau hierarki posisi untuk
persetujuan di EBS. Bila HR sebagian terpasang, karyawan diubah bentuk tersedia
untuk digunakan dalam mode terbatas (lebih sedikit diperlukan bidang daripada
ketika HR diimplemetasikan). Pada karyawan merekam ketika sumber daya manusia
adalah dipasang bersama (pembelian Superuser | Setup | Personnel | Karyawan),
Anda dapat mengatur hubungan karyawan-pengawas atau karyawan posisi digunakan
untuk persetujuan (Lihat Bagian berikutnya, 'Membuat Persetujuan untuk
Permintaan dan pesanan pembelian,' untuk lebih), serta sebagai karyawan
ditugaskan untuk mebuat buku besar, ditambah rekening pengeluaran default yang
dapat digunakan dalam pembelian dan
permintaan Account Generator, seperti yang terlihat dalam gambar 2-13.
Satu kata
nasihat: jika karyawan yang diatur untuk membeli atau jenis persetujuan hanya
dan sumber daya manusia tidak diinstal, pertimbangkan untuk membuat posisi
setuju untuk persetujuan batas bukan judul sebenarnya pekerjaan. Ini akan
membuat pendirian dan pemeliharaan lebih mudah. Untuk contoh, bukan menyiapkan
satu posisi Manajer Pemasaran dan satu lagi untuk akuntansi manajer, keduanya
dapat menyetujui jumlah dolar sama, mengatur posisi yang disebut 'batas 1000'
yang dapat diberikan untuk kedua. Karena biasanya ada jumlah dolar lebih
sedikit daripada di posisi, ini kurang bekerja untuk mempertahankan dan
memudahkan penelitian.
Menyiapkan persetujuan
untuk permintaan dan pesanan pembelian.
permintaan
dan pesanan pembelian perlu disetujui sebelum dokumen yang selesai dan siap
untuk langkah selanjutnya dalam proses. Proses persetujuan dapat berkisar dari
sesuatu yang sederhana seperti bahwa setiap orang yang menciptakan sebuah
dokumen dapat menyetujui dokumen mereka sendiri, dengan pengawas hirarki proses
persetujuan dengan batas-batas yang didasarkan pada posisi karyawan, atau
proses yang rumit yang mana persetujuan berdasarkan pada item yang dibeli dan
jumlah dolar yang ada di dokumen.
Ada
dua pilihan untuk membuat peraturan-peraturan persetujuan ini: pembelian
hierarki, yang bisa digunakan untuk kedua pesanan pembelian dan permintaan dan
memiliki keterbatasan supervisor, posisi-berbasis hirarkis persetujuan jalan,
dan Oracle persetujuan manajemen (AME), yang hanya tersedia untuk permintaan
persetujuan. AME memungkinkan aturan-aturan yang lebih rumit, seperti semua
permintaan dengan kategori peralatan komputer harus pergi ke CIO untuk
persetujuan. AME mengatur di luar ruang lingkup dari buku ini. Pembelian
persetujuan akan kembali kesemula ke hierarki pengawas kecuali hirarki
persetujuan penggunaan kotak dicentang pilihan keuangan (pembelian Superuser |
Setup |Organisasi | Pilihan keuangan | Supplier-Purchasing tab). AME akan
digunakan ketika persetujuan jenis transaksi ini dihuni pada jenis dokumen yang
dipilih pada daftar permintaan (beli Superuser | Setup | Pembelian | Tipe
dokumen).
Untuk
mengatur persetujuan pembelian, kelompok diciptakan untuk mengatur nomor
rekening dan batas dollar untuk satu atau lebih dari kriteria berikut: dokumen
total, rentang akun, kategori barang, item nomor, dan kapal - atau memberikan
ke lokasi. Kelompok kemudian ditugaskan untuk dokumen spesifik jenis, seperti
permintaan atau order pembelian, oleh posisi karyawan. Gambar 2-14 menunjukkan
grup persetujuan sampel .
Jika
Anda menggunakan posisi hierarki sebagai lawan untuk persetujuan oleh
pembimbing, maka setidaknya dokumen total dan rentang rekening harus
ditetapkan. Pengawas hierarki hanya memerlukan salah satu kriteria yang
ditetapkan.
Pembelian
persetujuan, meskipun hierarki, memiliki beberapa pilihan tentang bagaimana
persetujuan diarahkan, berdasarkan metode maju ditetapkan ke jenis dokumen
(pembelian Superuser | Setup | Pembelian | Jenis dokumen). Langsung akan selalu
langsung menuju orang dengan kemampuan untuk menyetujui dokumen. Ini berarti
bahwa dokumen akan dirutekan ke orang pertama yang dalam hirarki yang berwenang
untuk menyetujui semua elemen dari dokumen, mungkin melewati atasan langsung
pemohon. Tersedia pula hirarki, yang akan meneruskan langsung ke setiap orang
dalam hirarki, memerlukan masing-masing untuk menyetujui sebelum pindah.
Menciptakan
Pembeli
Di
EBS, hanya mengatur karyawan sebagai pembeli diperbolehkan untuk membuat
pesanan pembelian, sementara setiap karyawan akses yang tepat dapat membuat
permintaan dan menyetujui kedua dokumen. Pembeli adalah satunya pengguna yang
dapat mengakses formulir entri pembelian di EBS. Untuk membuat karyawan
pembeli, merujuk kepada gambar 2-16
dan klik tambah pembeli untuk menambahkan pembeli baru. Pilih nama karyawan dalam melayani pembeli lapangan, dan Opsional menambahkan kategori ke lokasi untuk membatasi pesanan pembelian ini bisa buat pembeli. Karena karyawan tidak dapat menambahkan lebih dari satu kali, karyawan tidak dapat diberikan ke beberapa kategori dan lokasi. Masukkan tanggal efektif untuk membatasi ketika pembeli ini akan memiliki akses untuk membuat pesanan pembelian. Gambar 2-15 penandatanganan persetujuan pemerintah untuk posisi pembeli .
Pilihan
Pembeli
Penomoran
Dokumen
dokumen
penomoran menentukan jika dokumen penomoran otomatis atau MANUAL, berdasarkan
bidang masuk, dan jika penomoran NUMERIK atau ALPHANUMERIC. Hanya manual
penomoran dapat nomor dokumen Alphanumeric. Bidang nomor berikutnya adalah
nomor berikutnya yang akan digunakan untuk penomoran otomatis. Selama konversi
data, penomoran dokumen dapat diatur secara manual, memungkinkan
dokumen-dokumen yang sedang dikonversi untuk mempertahankan jumlah warisan
mereka, dan kemudian beralih kembali ke otomatis. Memastikan bahwa nomor
berikutnya adalah di atas transaksi yang dikonversi untuk menghindari masalah
dengan penciptaan masa depan dokumen.
Pilihan
keuangan
pilihan
keuangan digunakan terutamanya oleh hutang tetapi diperlukan untuk beli.
Pilihan keuangan menentukan nomor rekening standar, pembelian ketertiban dan
permintaan default, beban pilihan dan karyawan default untuk laporan
pengeluaran. Lihat Chapter 5, 'Mengatur Hutang,' untuk keterangan lengkap
mengatur ini.
EBS
datang unggulan dengan tipe dokumen yang dapat diubah tetapi tidak dihapus.
Pilih tombol update untuk tipe dokumen untuk memperbaruinya.Bidang itu menata
letak dokumen mengacu pada tata letak XML yang akan digunakan untuk mencetak
dokumen ini, seperti sebagai format Order Pembelian. Layout ini adalah XML
template yang telah dibuat dan disimpan dalam penerbit BI.
Download document nya Disini PDF nya Disini
Download document nya Disini PDF nya Disini

0 komentar:
Posting Komentar